Friday, December 25, 2009

High Intensity Interval Training


Beberapa penelitian para ahli kebugaran menunjukan bahwa High Intensity Interval Training atau yang biasa disingkat HIIT lebih efektif dari latihan senam atau pun jogging yang konstan. HIIT adalah salah satu metode latihan kardio yang singkat dan efektif untuk membakar lemak.

Kalau diantara rekan2 ada yang belum mengetahui latihan kardio, latihan kardio merupakan semua gerakan yang membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Latihan fisik ini biasa digunakan untuk membakar kelebihan kalori dan lemak dalam tubuh, selain itu latihan kardio juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan profil hormonal (mengurangi gejala depresi dan menurunkan nafsu makan), mempercepat recovery dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Salah satu model latihan yang sederhana dari HIIT ini adalah seperti kombinasi lari(kecepatan tinggi) dan jogging (kecepatan sedang). Umumnya rasio yang digunakan adalah 1:2 dimana anda melakukan 60 detik jogging dan 30 detik lari.
Jadi model latihan yang anda lakukan akan berupa jogging – lari – jogging – lari – joggin – lari dst.

Berikut cara HIIT:
Lakukan pemanasan terlebih dulu selama 5 menit jogging. Kemudian bagi pemula lakukan siklus jogging – lari ini sebanyak 6 siklus maksimal (Untuk yang mahir silakan dilakukan hingga 8 siklus).
Setelah menyelesaikan semua siklus tersebut lakukan pendinginan berupa jogging dan jalan.
Proses ini membuat tubuh kita selalu berada diluar zona kenyamanan dibandingkan dengan jogging atau lari saja. Jika kita melakukan satu hal tertentu berulang-ulang tanpa ada perubahan maka tubuh akan memasuki zona kenyamanan dan bisa melakukan adaptasi sehingga pembakaran lemak tidak secepat saat awal anda berlatih (wow amazing!!)
Tetapi jika anda merubah terus menerus prosesnya dengan cara HIIT ini maka tubuh anda akan terus berusaha maksimal sehingga konsumsi oksigen (dan termasuk lemak yang dibakar) menjadi maksimal juga.

Saya sendiri juga sudah mencoba kehebatan HIIT yang di barengi dengan diet karbohidrat dan hasilnya dalam 1 minggu berat saya turun 2kg...

Selamat mencoba!!!!

0 comments: